Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para nasabah asuransi tersebut apabila mereka mengalami gangguan kesehatan atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh  perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat jalan dan rawat inap .

Rawat Jalan
Asuransi rawat jalan meliputi biaya dokter, diagnosis/lab, dan obat. Besarnya biaya yang ditanggung biasanya ditentukan dengan limit maksimum untuk masing-masing komponen per kunjungan/per tahun dan frekuensi maksimum kunjungan dalam satu tahun. Pembatasan juga dapat diberlakukan dengan mewajibkan rujukan dokter umum sebelum kunjungan ke dokter spesialis, atau pertanggungan hanya diberikan bila pelayanan kesehatan dilakukan oleh penyedia layanan yang terdaftar. Asuransi rawat jalan biasanya hanya merupakan manfaat tambahan dari asuransi rawat inap. Dengan kata lain, harus menjadi satu dengan asuransi rawat inap.

Rawat Inap
Asuransi rawat inap meliputi biaya rawat inap di rumah sakit, yang meliputi biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, laboratorium/penunjang diagnostik, pembedahan, dll. Penggolongan asuransi rawat inap biasanya dilakukan berdasarkan kelas kamar.

9 Comments

  1. Terima kasih infonya. Nice blog... :)
    Semoga informasinya memberi masukkan bagi orang-orang yang belum memiliki asuransi dalam memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

    BalasHapus
  2. sngat bermnfaat..Ijin Copas ych untuk Ngelengkapin tugas saya.. :D

    BalasHapus
  3. Dapatkan juga kupas tuntas tentang asuransi di situsPengertian Asuransi Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Saya bukan orang yang insurance minded, tapi setelah mendengar cerita diatas, saya berpikir untuk mencari agen asuransi. Mulanya agak ragu karena di internet banyak penipuan. Kami sekeluarga mengambil produk asuransi kesehatan dari Malacca Trust Insurance dan sudah dua kali mendapat layananan yang sangat baik.

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat sekali infonya, terima kasih

    BalasHapus
  6. Artikel yang dapat membantu saya dalam mencari asuransi kesehatan yang terbaik bagi saya dan keluarga saya, dan terima kasih juga kepada Agen Asuransi Kesehatan yang telah membantu pengajuan asuransi saya dan keluarga

    BalasHapus