Selasa, 17 April 2012

Mengenal Asuransi Jiwa

Mengenal Asuransi Jiwa - Asuransi jiwa adalah suatu pengalihan atau pelimpahan resiko  ( risk shifting ) atas kerugian keuangan (financial loss ) oleh tertanggung kepada penanggung. Tertanggung yang dimaksud disini adalah peserta asuransi dan penanggung adalah pihak asuransi. Resiko yang dilimpahkan kepada penanggung bukanlah resiko hilangnya jiwa seseorang melainkan kerugian keuangan akibat hilangnya jiwa seseorang atau karena mencapai usia lanjut sehingga tidak produktif lagi.
Dalam artikel asuransi diterangkan bahwa Nilai hidup seseorang tercermin dalam besarnya proteksi atau lebih tepatnya dalam jumlah uang pertanggungan ( sum insured ) atau UP, secara teoritis jumlah UP ini ditetapkan sesuai dengan nilai ekonomis hidup seseorang, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi UP terlalu besar ( over insured  ) atau jumlah UP terlalu kecil  ( under insured ) .
Dalam hidup, kita selalu dihadapkan kepada kemungkinan terjadinya peristiwa-peristiwa yang dapat menyebabkan hilangnya atau berkurangnya nilai ekonomis, sehingga mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri ,keluarga atau orang lain yang berkepentingan.
Peristiwa – peristiwa yang dapat menimbulkan resiko tersebut, antara lain:
a)      Meninggal dunia ( death ) baik secara alamiah ( natural death ) atau meninggal pada usia muda yang dapat disebabkan oleh sakit, kecelakaan ( accidental death ) dan lain-lain.
b)      Cacat badan ( disability, invalidity, incapacity )  karena sakit atau kecelakaan
c)      Hilangnya atau merosotnya keadaan kesehatan ( loss of health )
d)      Usia lanjut atau umur tua
Asuransi jiwa pada umumnya hanya mengelola resiko pada butir (a) dan butir (d), sedangkan butir (b) dan (c) biasanya dikelola oleh jenis asuransi kesehatan, namun asuransi jiwa akan menambahkan pertanggungan ini sebagai rider atau tambahan.

1 komentar:

  1. Asuransi Jiwa sangatlah penting, untuk menjamin finansial Anda dan keluarga, saat terjadinya hal yang tidak kita inginkan (misalnya kematian).

    terima kasih, artikelnya sangat informatif...

    BalasHapus